Pengalaman Di Masa Pandemi

 

Pada awal Desember 2019 virus corona mulai dideteksi pertama kali di negara China tepatnya di Kota Wuhan, dimana ditemukan sejumlah pasien dengan gejala penyakit yang tidak dikenal. Setelah diteliti lebih jauh ternyata penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut berasal dari virus SARS-CoV-2 dan dapat dipastikan menular dari manusia ke manusia. Akibatnya, virus ini cepat menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Pada hari Rabu (11/3/2020) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa wabah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global.

Setelah penetapan pademi global olah WHO, banyak negara di dunia melakukan pembatasan kegiatan secara besar-besaran demi mencegah penularan virus corona. Selama masa pembatasan kegiatan ini masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah (stay at home). Hal ini juga berdampak pada dunia pendidikan, dimana pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah kini terpaksa dilakukan dari rumah.

Selama masa pandemi ini, saya mendapatkan banyak pengalaman dimana saat belajar dari rumah saya dapat melakukan banyak hal yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan saya. Karena pembelajaran yang dilakukan durasinya lebih singkat daripada pembelajaran saat di sekolah, maka saya mempunyai banyak waktu untuk mempelajari hal-hal yang baru. Hal-hal yang biasa saya lakukan adalah membaca materi pelajaran, berita, atau thread, menonton film dan drama korea, bahkan mempelajari bahasa asing seperti bahasa inggris dan korea.

Masa pandemi ini mempunyai dampak yang buruk bagi masyarakat karena kita tidak bisa melakukan kegiatan dengan leluasa, namun dibalik itu masa pandemi juga mengajarkan kepada kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita punya saat ini. Saya berharap hal ini segera berakhir agar kita dapat beraktivitas seperti sedia kala. Dari pandemi ini saya dapat memetik banyak pelajaran untuk kehidupan di masa depan.


Komentar

Postingan Populer